Sabtu, 16 Juni 2012

RPP Tematik tema Binatang

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

                             Tema                           : Binatang
                                    Kelas / Semester          : II / 2
                                    Waktu                         : 1 X 30 Menit



A.    Standar Kompetensi
1.      Matematika
3. Melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka.
2.      Bahasa Indonesia
Menulis
8. Menulis permulaan dengan mendeskrepsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak.
3.      Ilmu Pengetahuan Alam
3.Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari – hari dan kegunaannya.
B.     Kompetensi Dasar
1.      Matematika
3.1.Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka.
2.      Bahasa Indonesia
8.1.Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis.
3.      Ilmu Pengetahuan Alam
4.2.Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari – hari.
C.    Indikator  Pencapaian Kompetensi
1.      Matematika
Mengenal arti perkalian sebagai penjumlahan berulang.
2.      Bahasa Indonesia
Menulis kalimat yang didiktekan dengan kata yang berhubungan dengan tumbuhan dan hewan.
3.      Ilmu Pengetahuan Alam
Menjelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari bagi hewan.
D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaning , dan alat peraga gambar – gambar binatang,  siswa dapat menghitung perkalian dari penjumlahan berulang.
2.      Dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaning, dan alat peraga gambar – gambar binatang, siswa dapat menulis kalimat yang dibuat temannya dari kata yang ada dibalik gambar binatang.
3.      Dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaning, dan alat peraga gambar – gambar binatang, siswa dapat menjelaskan fungsi energi matahari bagi makhluk hidup.
v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin, Tekun  dan  jujur
E.     Materi Belajar
1.      Matematika
Perkalian dari penjumlahan berulang
2.      Bahasa Indonesia
Dikte kalimat dengan tema binatang
3.      Ilmu Pengetahuan Alam
Kegunaan cahaya matahari bagi hewan
F.     Metode Dan Model Pembelajaran
Model pembelajaran Student Facilitator and Explaning, metode ceramah dan tanya jawab.
G.    Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan ( 5 Menit )
1.      Guru mempersilahkan ketua kelas untuk memimpin doa. ( disiplin )
2.      Guru mengabsen siswa.
3.      Guru menyiapkan kondisi fisik antara lain buku pelajaran, alat peraga. (disiplin)
4.      Menyiapkan kondisi psikis peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan penyampaian salam.
5.      Menjelaskan tujuan pembelajaran.
6.      Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
-          Apakah anak – anak memiliki hewan piaraan ?
-          Hewan apa saja yang anak – anak pelihara ?
7.      Menyanyi lagu “ Kuku kukuruyuk “
Kegiatan Inti ( 21 Menit )
1.      Kegiatan 1  ( 5 menit )
Eksplorasi
a.       Guru meminta salah satu siswa untuk maju mengambil sekelompok gambar binatang ayam dan menyuruh siswa mengelompokkan dua – dua (tekun)
b.      Guru meminta siswa lain untuk menjelaskan penjumlahan berulang dari gambar yang dikelompokkan menjadi konsep perkalian( tekun )
c.       Guru meminta salah satu siswa maju dan mengambil sekelompok gambar anjing untuk dikelompokkan tiga – tiga sambil siswa tersebut disuruh menjelaskan menjadi penjumlahan berulang.
2.      Kegiatan 2  ( 8 menit )
Elaborasi
a.       Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengusulkan penjumlahan berulang lagi dengan bilangan yang lain, kemudian siswa diajak menghitung bersama menjadi perkalian.( tekun )
b.      Guru menyuruh salah satu siswa maju untuk mengambil salah satu gambar binatang dan membaca kata yang tertera dibalik gambar binatang, kemudian siswa disuruh membuat kalimat dari kata tersebut dan didektekan ke seluruh siswa. ( tekun )
c.       Guru memberi kesempatan kepada peserta didik lainnya untuk melakukan kegiatan tersebut diatas. ( tekun )
d.      Guru memberi kesempatan peserta didik untuk menjelaskan pentingnya energi matahari bagi makhluk hidup. ( tekun )
3.      Kegiatan 3 ( pemantapan ) ( 3 menit )
Konfirmasi
a.       memantapkan peserta didik dengan interaktif yaitu guru dan siswa membacakan perkalian dari penjumlahan berulang yang telah dikerjakan.
b.      Siswa membaca kalimat yang telah ditulis dari kalimat – kalimat yang didektekan guru dari usulan peserta didik.
4.      Kegiatan 4 (Individual ) ( 5 menit )
Pada kegiatan ini peserta didik diminta kembali ke tempat duduk masing – masing, untuk melaksanakan kegiatan penilaian, guru membagikan lembar evaluasi, guru meminta peserta didik untuk jujur dengan mengerjakan sendiri. ( jujur )
Kegiatan Penutup ( 4 Menit )
1.      Guru dan peserta didik untuk membuat simpulan pembelajaran. 
a.       Hasil perkalian dapat diperoleh dengan penjumlahan berulang.
b.      Kita telah belajar menulis kalimat yang didektekan  dan anak –anak sudah sebagian besar kalian sudah pandai menulis dengan benar.
c.       Binatang di sekitar kita banyak sekali ada binatang yang dipelihara, ada binatang yang hidup secara liar, semua binatang perlu kita lindungi, tidak boleh dengan sembarangan kita membunuhnya.
d.      Energi matahari sangat dibutuhkan binatang, kalau tidak ada cahaya matahari binatang akan mati kedinginan.
2.      Guru memberikan refleksi dengan menanyakan
a.       Apa materi yang kita bahas saat ini?
b.      Apakah pembelajaran hari ini menyenangkan ? mengapa ?
c.       Apakah ada yang ingin bertanya ?
d.      Guru memberi PR Sebagai berikut :
Kerjakan soal pada buku tematik hal 73  nomor 1 – 5 tentang perkalian!
H.    Penilaian
1.      Prosedur :
a.       Tes Awal         : Tanya jawab pada kegiatan pendahuluan.
b.      Tes Proses       : Saat proses pembelajaran berlangsung
c.       Tes Akhir        : Saat pembelajaran berakhir
2.      Jenis Tes :
a.       Tes tertulis       : Isian, dikte
b.      Tes lisan          : Tanya jawab selama proses pembelajaran
3.      Aspek, teknik dan waktu penilaian :
No
Aspek
Teknik penilaian
Waktu
Penilaian
Ket
1.
tekun
Pengamatan
Proses pembelajaran

2.
Kejujuran
Pengamatan
Mengerjakan evaluasi

3.
Keaktifan
Pengamatan
Proses pembelajaran

4.
Pemahaman Konsep
Tes tertulis
Akhir pertemuan
Lembar evaluasi

4.      Soal Tes :
I.          Isilah titik – titik dibawah ini dengan jawaban yang benar !
            1.
                                                 
                      ...                   +         ...                  +    ...              =   ...   X  ...  =  ...
2.                                
                                              +                                  +                     
                        = …  X …  =                                   
II.                Dikte
3.
4.
   III. Isilah titik – titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !    
5.      Cahaya matahari diperlukan binatang untuk …
                         Kunci jawaban
1.      2  +  2  +  2   = 3  X  2  =  6
2.      3  +  3  +  3   =   3  X  3  =  9
3.      Harimau suka makan daging.
4.      Kucingku berlari mengejar tikus.
5.      Agar binatang tidak kedinginan.
A.    Buku Sumber / Media
Buku Sumber
1.      Buku Tematik
2.      Buku Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPA (BSE) kelas II
3.      Bahan Ajar tema binatang
Media
1.      Gambar – gambar binatang.



Semarang,                 2012
Guru Kelas II



Kristiningsih,S.Pd

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar